Akun YouTube di Banned? Begini Cara Mengembalikannya

163 views
banner 300x280

YouTube memiliki peraturan yang cukup ketat mengenai masalah hak cipta. Channel YouTube yang dianggap melakukan aktifitas mencurigakan akan segera terkena banned atau status suspend. Proses banned atau suspend ini tidaklah dilakukan dengan manual, namun dengan menggunakan sistem yang cukup sensitif. Karena itu, tak jarang akun YouTube di banned atau suspend dari YouTube, namun padahal semua karya yang dibuat adalah original, terlebih jika Anda menggunakan konten orang lain.

Jika akun YouTube yang anda miliki terkena banned oleh YouTube, anda tetap dapat mengembalikannya dengan mengajukan pengaduan atau mengajukan banding untuk meninjau ulang apakah channel anda benar-benar melakukan pelanggaran atau tidak. Berikut ini cara mengajukan banding atas akun YouTube anda.

Pertama, anda harus mengunjungi halaman pengajuan banding YouTube. Kemudian anda harus mengisi formulir yang ada di halaman tersebut. Pada halaman tersebut anda akan diminta untuk mengisi beberapa data, di antaranya:

  1. Nama Lengkap anda

Isi bagian ini dengan nama lengkap anda atau nama dari akun Google yang ditangguhkan.

  1. Alamat email yang digunakan untuk login ke channel YouTube anda yang ditangguhkan
  2. Alamat email yang dapat digunakan untuk menghubungi anda

Pada bagian ini anda perlu mengisi dengan alamat email anda yang masih aktif. Karena nantinya, pihak Google akan mengirimkan pesan pemberitahuan pemulihan akun anda yang ditangguhkan melalui email ini.

  1. URL channel YouTube yang ditangguhkan

Pada bagian ini, anda perlu mengisi dengan URL/link dari channel YouTube anda yang ditangguhkan. Biasanya URL ini merupakan rangkaian huruf dan angka yang tidak beraturan dan sulit dihafal. Bila anda lupa URL channel YouTube anda, anda dapat memeriksanya di inbox email anda yang berhubungan dengan update video YouTube anda.

 

Misalkan saja anda menemukan sebuah link yang sangat panjang di email anda yang berkaitan dengan YouTube seperti:

https://www.youtube.com/attribution_link?a=5u0O4VYfjkQ&u=/channel/UCZ_YbjeREh3PrEke6ztHUTw?feature=em-subs_digest&g=CRRpSTrGqUnar4xaAcjgHvu1ScXpL2-PGz-Q-BCNMv__2JLTyBLd2AjdzZbKgIv6xMTurv9YhgV0tNITvh8lkVq6JmcGapQqc8JYBH7a7PhEguZ_YL0lftbadQxSKGkirw1Z4cYoFrA-o1cr6CUQdUVgXJ3UuzamNvx8jqK7fwofww-97tCS8SSdv2AZNBUP-g==

 

Maka anda hanya perlu mengambil bagian ID nya saja, dan menyalinnya di kolom dengan menuliskan:

https://www.youtube.com/channel/UCZ_YbjeREh3PrEke6ztHUTw

  1. Jelaskan dengan singkat yang menyatakan bahwa YouTube telah melakukan banned terhadap akun yang keliru

Di kolom ini anda dapat menuliskan penjelasan dan alasan yang membuat anda ingin memulihkan akun anda kembali. Misalnya, anda dapat menuliskan:

“Akun YouTube saya ditangguhkan oleh sistem Google dengan alasan aktivitas akun tidak valid atau alasan kebijakan. Namun sepertinya ini hanyalah kesalahan teknis saja. Karena saya tidak pernah melakukan hal-hal aneh dan selalu mengembangkan channel yang saya kelola secara manual dan membuat konten yang original.”

Setelah anda mengisi semua kolom anda dapat mengirimkannya. Selanjutnya, anda akan mendapatkan email konfirmasi, dan Google akan mulai memeriksa pengajuan yang telah anda kirim dan melakukan peninjauan ulang terhadap akun YouTube anda. Jika akun anda berhasil dipulihkan, maka pihak YouTube akan mengirimkan email konfirmasi mengenai pembatalan penangguhan akun.

Semoga artikel ini dapat membantu untuk mengembalikan akun YouTube di banned yang merupakan kesalahan sistem. Selamat mencoba.

Tags: #Akun Youtube di Banned #Memperbaiki Youtube Banned

banner 300x280

Leave a reply "Akun YouTube di Banned? Begini Cara Mengembalikannya"

Author: 
    author